Tentang Cowok

Selasa, 16 Februari 2010
Kenapa cowok tiba-tiba aja bertambah tinggi?

Cowok mulai bertambah tinggi dua tahun lebih lambat dibandingkan para cewek. Lonjakan pertumbuhan yang dialami oleh para cowok ini datangnya cukup cepat, di sekitar usia 12 atau 13. Puncaknya terjadi di usia 14 tahun. Waktu itu cowok bisa bertambah tinggi sampai 10 cm per tahun! Pas usia segini, kamu mulai deh menengadah waktu sedang ngobrol dengan mereka. Teman-teman cowok kamu juga mulai kelihatan lebih cakep juga di masa-masa ini. Lengan dan kaki mereka mulai memanjang, jadi nggak kelihatan aneh lagi pas sedang main basket. Sama kayak cewek, yang bertanggungjawab buat pertumbuhan yang tiba-tiba pada cowok ini adalah tingginya kadar hormon pertumbuhan dan juga sedikit estrogen. Yup, cowok memproduksi estrogen juga kok. Tapi, cowok-cowok remaja ini pastinya memiliki lebih banyak hormon pria yang disebut testosteron, yang bikin mereka kelihatan lebih tough dan lebih agresif. Di masa-masa ini, mereka bisa dengan gampang terlibat perkelahian dan mereka suka banget olahraga yang pake kontak. Apa sih yang bikin suara abang saya berubah?
Kamu bisa aja ngetawain teman-teman cowokmu yang suaranya kedengaran aneh waktu mereka berumur 9 atau 10 tahun. Ini nggak berlangsung lama kok dan waktu kamu dengar mereka lagi, kamu nggak bakal ngenalin suara mereka lagi di telepon. Kotak suara atau larynx yang adanya di tenggorokan kita, membuka ke paru-paru dan dilapisi oleh dua struktur tipis di bukaannya, dan berfungsi seperti tirai. Struktur ini adalah pita suaramu dan mereka bergerak maju mundur ketika kamu sedang berbicara atau bernyanyi. Coba minta abangmu meregangkan lehernya sambil melihat ke atas. Benjolan di tengah lehernya adalah apa yang disebut dengan jakun, yang sebenarnya adalah bagian depan dari kotak suara atau larynx. Ketika cowok remaja bertambah dewasa, di sekitar usia 13 atau 14, testosteron membuat pita suara bertambah tebal dan besar. Dia juga membuat kotak suara bertambah panjang, dan benjolan ini lebih kelihatan di cowok-cowok remaja. Pita suara yang tebal bergerak lebih lambat, sehingga suara yang dihasilkan jadi lebih berat.
Apa sih testosteron itu?
Testosteron adalah hormon pria yang dikeluarkan oleh organ seks pria yang disebut testis. Testosteron mulai bertambah jumlahnya di masa puber, ketika hormon-hormon perangsang mulai menggelitik testis agar memproduksi testosteron. Testosteron membuat penis cowok bertambah besar. Dia juga membuat skrotum berubah bentuknya, jadi lebih berkerut dan gelap warnanya. Dengan adanya banjir testosteron ini, testis juga mulai bertambah besar dan mulai menghasilkan sperma. Di masa-masa ini, cowok-cowok remaja mulai tertarik sama cewek dan seks. Mereka mulai membuat gang mereka sendiri dan memisahkan diri dari cewek-cewek. Mereka kelihatan lebih aktif dan juga sedikit kasar. Mereka biasanya suka olahraga kontak kayak gulat atau sepakbola, dan sangat sangat menikmatinya.
Apa aja organ-organ seks pria itu?
Dari semuanya, penis adalah yang paling dikenal. Penis bertambah panjang dan besar waktu kadar testosteron mulai meningkat di masa puber. Penis adalah organ yang dilewati sperma waktu terjadi hubungan seks. Penis adalah organ seks pria yang berhubungan dengan vagina waktu berhubungan seks.
Skrotum adalah kantong berkerut yang berwarna gelap atau agak kemerahan yang terletak di bawah penis cowok. Skrotum mengandung testis. Skrotum ini menggantung di luar tubuh cowok agar testis tetap dingin. Suhu yang lebih dingin dibandingkan suhu tubuh manusia sangat penting untuk mempertahankan kualitas sperma yang diproduksi di testis.
Testis adalah struktur bulat dan padat yang ada di dalam skrotum, dan disebut juga buah zakar. Mereka menghasilkan sperma dan hormon seks kayak testosteron pada cowok remaja dan dewasa.
Apa sih mimpi basah itu?
Ketika cowok remaja mulai matang secara seksual, mereka mulai mengalami mimpi basah. Mimpi basah sebenarnya adalah saat-saat ketika terjadi ejakulasi, yaitu waktu cairan putih seperti jelly yang disebut air mani (semen) keluar dari penis. Biasanya mimpi basah terjadi waktu cowok sedang tidur. Biasanya, cowok nggak bakal tahu waktu hal ini sedang terjadi, sampai mereka terbangun. Mengalami mimpi basah adalah tanda bahwa fisik seorang cowok remaja sudah mulai tumbuh menjadi pria dewasa.
Ejakulasi
Waktu ejakulasi, syaraf-syaraf mengirimkan sinyal ke testis untuk mulai mengeluarkan sperma keluar dari tubuh. Di bagian pertama dari ejakulasi, sperma bercampur dengan cairan dari kelenjar prostat dan kandung semen. Benda-benda ini sangat spesial dan cuma ada di tubuh cowok. Kelenjar prostat berbentuk seperti kastanye (chestnut) dan terletak di dekat kandung kemih. Kandung semen adalah saluran kecil yang juga terletak di belakang kandung kemih. Cairan dari kelenjar prostat dan kandung semen memberikan perlindungan dan nutrisi buat sperma waktu sperma meninggalkan tubuh cowok. Cairan ini mengandung protein dan vitamin khusus untuk membantu sperma menghadapi dunia yang keras ketika mereka dikeluarkan di dalam vagina.
Ereksi
Ereksi terjadi waktu penis menjadi keras dan kaku. Waktu cowok terangsang secara seksual, otak mereka mengirimkan sinyal ke syaraf yang ada di penis, sehingga menyebabkan ereksi. Aliran darah ke penis meningkat. Bertambahnya aliran darah ini memperbesar otot penis, sehingga penis kelihatan lebih besar dan panjang. Ereksi nggak cuma terjadi ketika cowok sedang terangsang, lho. Kandung kemih yang sudah penuh dan emosi yang intens juga bisa bikin cowok ereksi.
Air mani (Semen)
Air mani adalah cairan putih seperti susu yang keluar dari penis ketika ejakulasi. Isinya adalah sperma dan cairan yang keluar dari kelenjar prostat dan kandung semen. Ketika cowok remaja mulai berejakulasi di masa puber, air mani mungkin masih belum mengandung sperma. Kalaupun iya, jumlah spermanya mungkin masih terlalu kecil dan sebagian besar juga belum terlalu sehat. Air mani bisa kelihatan seperti jelly dan bisa juga transparan atau bening. Sekitar dua tahun setelah ejakulasi pertama, air mani bisa mengandung cukup sperma sehat sehingga bisa menyebabkan cewek hamil.
Sperma
Cewek remaja melepaskan telur di tubuh mereka, sementara cowok remaja menghasilkan sperma. Sementara cewek melepaskan cuma satu sel telur tiap kali, cowok melepaskan jutaan sperma setiap kali mereka ejakulasi! Tapi cuma satu sperma yang special, yang bisa bersatu dengan telur! Kamu perlu alat yang bernama mikroskop buat melihat sperma. Ukurannya kecil sekali. Mereka berbentuk seperti berudu, dengan kepalanya yang bulat dan ekor. Ekor mereka bergerak dengan cepat dari satu sisi ke sisi lainnya, supaya bisa mencapai sel telur yang merupakan sasaran utama mereka.
| More

0 komentar:

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45
:46 :47 :48 :49
:50 :51 :52 :53
:54 :55 :56 :57
:58 :59 :60 :61
:62 :63
:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar