PEMUDA GENERASI PENERUS BANGSA

Sabtu, 27 Februari 2010

Sejak kecil selalu terdengar gembar-gembor yang menyatakan bahwa maju tidaknya suatu negara tergantung dari pemuda, karena mereka adalah generasi penerus bangsa. Sampai detik ini kata-kata itu masih teringat dalam benak pikiran, meskipun tidak diketahui secara pasti siapa orang yang memiliki pendapat demikian. Tetapi secara pribadi saya membenarkan pendapat tersebut meski memang tidak semua pemuda menyadari bahwa kelak akan mengambil alih peran-peran penting dalam memajukan kesejahteraan masyarakat secara adil dan bijaksana.

Meski belum pernah mengadakan penelitian secara pasti, namun kalau misalnya kita cermat secara kasat mata mengenai pemuda yang sadar bahwa maju tidaknya negara tergantung kepada mereka dengan pemuda yang tidak memiliki visi misi hidup yang jelas, hasilnya pasti akan membuat hati tercengah di mana sangat sedikit sekali pemuda yang memiliki visi dan misi hidup sebagaimana tertuang dalam cita-cita luhur bangsa.

Ketika berkunjung ke daerah-daerah pinggiran tentunya kita akan dapat banyak melihat anak-anak muda yang duduk-duduk di pinggir jalan dengan mengobrol, bercanda, bernyanyi di iringi alunan gitar, sampai-sampai godain anak-anak yang sedang lewat di depan mereka, seoalah-olah mereka tidak memiliki beban apa-apa dalam benak mereka, yang ada hanyalah happy, happy dan happy..!, memang tidak semua dari mereka menginginkan untuk terus-terusan hidup seperti itu, bisa saja mungkin karena terpaksa mereka hidup yang seperti itu.

Kalau kita cermati, remaja zaman sekarang memang tidak memiliki mental yang tangguh dalam menghadapi permasalahan-permasahan, hal itu dapat dilihat banyaknya anak-anak remaja yang mudah terjebak dalam dunia alkohol dan Narkoba jika ada masalah menyelimutinya, jarang sekali remaja yang berpikiran secara logis ketika sedang dililit masalah. Bagaimana bangsa kita mau maju kalau sebagian besar mental dari para pemuda generasi penerus bangsa seperti ini.

Melihat gambaran di atas, maka tugas besar yang harus dipikul oleh para generasi penerus bangsa adalah mempersiapkan generasi yang layak disebut sebagai generasi emas, generasi yang ideal sehingga menjadi geneasi yang sangat dibutuhkan saat ini untuk menyongsong masa depan yang lebih cerah dan berdaya saing.

Generasi yang tidak mudah putus asa, menganut prinsip kesabaran dan ketabahan, mempercayai ilmu, menghormati akal. Atas kesadaran tulah, mereka selalu berpikir sebelum bertindak, belajar sebelum berbuat, menyelidiki sebelum berkeyakinan, merencanakan dengan matang sebelum melaksanakan, tidak mudah menerima keputusan sebelum jelas duduk persoalannya dan tidak berani menuduh sebelum terbukti.

Memang tidak mudah untuk dapat mencetak generasi-generasi tersebut, tentunya dibutuhkan kerja keras dari berbagai pihak, baik pemerintah maupun masyarakat luas, sehingga kelak remaja kita akan dapat mengemban amanah dalam meneruskan cita-cita bangsa dalam memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain yang ada di dunia.
| More

0 komentar:

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45
:46 :47 :48 :49
:50 :51 :52 :53
:54 :55 :56 :57
:58 :59 :60 :61
:62 :63
:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar