Hilangkan Si Jerawat Bandel

Selasa, 16 Februari 2010
Jerawat adalah kondisi kulit yang biasanya terjadi pada remaja. Jerawat punya banyak istilah, misalnya jerawat nasi atau komedo. Biasanya munculnya di wajah, dada, punggung dan lengan. Jerawat kadang bisa parah juga sampai bikin kamu jadi malu dan nggak pede. Nggak apa-apa kamu merasa begini, tapi ada cara-cara kok buat membantumu mengendalikan jerawat. Jerawat itu bagian dari perkembangan tiap orang dan kamu nggak akan terus-terusan menghadapi masalah ini kok.
Apa yang menyebabkan jerawat: PIKIR LAGI DEH
  • Makanan manis-manis kesukaan saya bikin saya jerawatan. Coklat dan permen nggak menyebabkan jerawat. Jerawat disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat. Pori-pori ini membuang kulit mati. Kulit mati ini bisa menumpuk dan menyumbat pori-pori. Kalau ini terjadi, ada bakteri-bakteri di kulit yang bisa membuat pori-pori menjadi merah dan nyeri dengan menguraikan kotoran dan minyak di dalam pori-pori. Beginilah caranya jerawat muncul di wajahmu.
  • Cuma orang-orang muda yang kena jerawat. Sebenarnya, orang dewasa kena jerawat juga lho. Tapi, orang-orang muda jadi berjerawat gara-gara perubahan kadar hormon di dalam tubuh mereka. Buat cewek-cewek remaja, waktu mereka tumbuh, mereka juga mulai mengeluarkan hormon pria di tubuhnya. Hormon-hormon pria ini “menggelitik” pori-pori untuk mulai mengeluarkan minyak atau sebum. Nah, pada waktu yang sama, kamu juga mulai ditumbuhi rambut kemaluan dan bulu di ketiak. Untuk orang dewasa, jerawat nggak terlalu disebabkan oleh hormon. Selain hormon, pemakaian obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan jerawat pada orang dewasa.
  • Jerawat disebabkan oleh kotoran, lemak dan keringat. Nggak benar. Panas, keringat dan kotoran bisa menyebabkan kulit kering dan luka terbuka. Luka-luka ini bisa menyebabkan infeksi kulit. Kalau kamu lagi berjerawat ringan, kotoran dan panas bisa bikin jerawatmu jadi parah.
  • Saya kena jerawat gara-gara menyentuh wajah teman. Kamu nggak bakal kena jerawat cuma karena menyentuh jerawat atau komedo temanmu, kecuali temanmu punya infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri jenis lain.
Jerawat disebabkan oleh:
Dan bukan oleh:
  • Permen dan coklat
  • Keringat, panas dan kotoran
  • Bersentuhan atau kontak kulit
Jerawat seperti apa yang kamu punyai?
Jerawat merah
adalah tipe jerawat yang berwarna kemerahan, nyeri dan bengkak. Termasuk di kelompok ini adalah jerawat biasa/jerawat nasi dan jerawat batu.
Jerawat nasi biasanya berupa tonjolan berwarna kemerahan dengan ujung kekuningan yang biasa disebut “mata”. Biasanya jerawat begini adalah jerawat infeksi. Mereka bisa diatasi dengan obat-obatan yang bisa dibeli bebas di apotik atau kalau parah banget, doktermu bisa memberimu antibiotik.
Jerawat batu adalah jerawat pada kondisi paling parah. Mereka besar, bengkak dan nyeri. Biasanya juga jadi besar dalam waktu yang relatif singkat. Jerawat kayak gini, nggak boleh dipites, karena bisa bikin bekas yang nggak hilang. Temui doktermu untuk mengobati jerawat seperti ini.
Silent Head adalah jenis jerawat yang biasanya rata aja dan cuma terlihat pori besar yang terbuka. Biasanya nggak terasa nyeri, tapi lumayan ngeselin.
Komedo tertutup (blackhead) adalah jenis jerawat dimana terlihat sumbatan berwarna hitam pada pori terbuka. Sumbatan hitam ini bukanlah kotoran, tapi minyak yang berubah jadi hitam ketika terkena udara.
Komedo/komedo terbuka (whitehead) terbentuk ketika pori-pori tersumbat. Kamu cuma bisa melihat tonjolan putih kecil di kulit. Komedo ini bisa mengeluarkan padatan lunak yang berwarna keputihan kalau ditekan.

Merawat Kulitmu
  • Cuci tanganmu sesering mungkin. Tanganmu mengandung banyak kotoran dan bakteri. Kamu nggak mau deh mereka sampai ke wajahmu. Gunakan sabun anti-bakteri ringan ketika mencuci tangan.
  • Hindari menyentuh atau menggaruk wajahmu. Kalau kamu punya kulit sensitif, sering-sering menyentuh atau menggosok wajah bisa menyebabkan luka-luka kecil di permukaan kulit yang bisa menyebabkan infeksi kulit.
  • Cuci wajahmu dengan sabun yang ringan dan ramah bagi kulit wajah. Jangan gunakan sabun wajah dengan exfoliant atau butiran-butiran kalau sedang ada jerawat. Sabun jenis ini bisa bikin kulit iritasi.
  • Hindari sabun yang wanginya keras. Gunakan sabun yang bersifat hypoallergenic (tidak menimbulkan alergi) dan noncomedogenic (tidak menimbulkan komedo). Biasanya tertulis di kemasan atau labelnya. Artinya, produk tersebut terbuat dari bahan-bahan yang ringan dan nggak bakal menyumbat pori-porimu.
  • Selalu bersihkan wajahmu sebelum tidur. Buang makeup dengan lembut dan berhati-hatilah waktu kamu memakai pembersih makeup yang keras.
  • Lembabkan wajahmu dengan pelembab yang ringan dan bersifat noncomedogenic, setiap kali membersihkan wajah. Hal ini akan mencegah kulitmu jadi kering. Kulit kering bisa gampang luka.


| More

0 komentar:

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45
:46 :47 :48 :49
:50 :51 :52 :53
:54 :55 :56 :57
:58 :59 :60 :61
:62 :63
:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar