Punya Bayi: Fakta-Fakta tentang Kehamilan

Selasa, 16 Februari 2010
Kehamilan adalah sesuatu yang alamiah dan ketika terjadi, tubuh kamu bakal bisa beradaptasi kok.
Selama masa kehamilan, hormon-hormon seks bekerja sama untuk membuat perubahan-perubahan ini. Hal-hal yang bakal terjadi pada masa kehamilan adalah:
  • Rahim terus membesar seiring dengan berkembangnya bayi, seperti yang kamu lihat pada perut buncitnya ibu-ibu hamil.
  • Rahim bagian bawah yang disebut serviks melunak.
  • Warna vagina kamu berubah dari berwarna agak pink menjadi kebiru-biruan.
  • Payudara membengkak dan membesar karena kamu mulai memproduksi ASI.
  • Ginjal juga ikut membesar. Wanita hamil lebih sering buang air kecil dan rentan terkena infeksi pada urinnya.
  • Berat badan kamu pastinya melonjak tinggi selama masa kehamilan.
Q: Kapan sih kehamilan terjadi?
A: Pada saat berhubungan seks, sperma cowok bakal keluar menuju ke saluran vagina. Nah, kehamilan terjadi ketika wanita sedang subur pada saat hubungan seks terjadi. Ini artinya, dia sudah berovulasi atau melepaskan sel telur dari ovarium pada saat itu. Sel telur melewati saluran falopii dan menunggu fertilisasi atau pembuahan terjadi. Fertilisasi terjadi ketika bagian tengah dari sperma dan sel telur yang disebut nukleus bersatu. Bersatunya sperma dan sel telur menandai fase paling awal dari proses kehamilan.
Q: Bagaimana kamu bisa tahu kalau seorang cewek sedang berovulasi?
A: Nggak ada yang pernah bisa tahu sih. Sebagian cewek merasakan kram-kram. Kamu juga bakal melihat bahwa cairan vaginamu lebih fleksibel dan cair pada masa-masa ini. Kamu bisa mengujinya dengan meregangkan lendir tersebut menggunakan jari-jari kamu. Kalau kamu belum siap untuk hamil, berarti kamu harus lebih hati-hati pada saat-saat ini. Pada saat ini, jaga agar daerah vagina tetap bersih dan kering untuk mencegah infeksi. Gunakan panty liner agar tetap bersih dan segar.
Q: Kapan sih perempuan itu jadi tidak subur?
A: Kamu jadi nggak subur saat kamu tidak berovulasi. Artinya, ovarium kamu belum melepaskan sel telur. Ini biasanya adalah saat-saat setelah menstruasi kamu berakhir. Masa ini bisa dibilang sebagai “masa kering” kamu karena sangat sedikit cairan vagina yang terlihat.
Q: Bagaimana seseorang bisa tahu kalau dia hamil atau nggak?
A: Nggak dapat menstruasi selama sebulan atau 2 bulan sejak aktivitas seksual bisa jadi salah satu tanda kalau kamu hamil. Kamu mungkin juga muntah-muntah di pagi hari atau gampang marah. Untuk menguji apakah kamu hamil atau nggak, kamu bisa beli test pack kehamilan yang tersedia di apotik atau supermarket. Kalau hasilnya positif itu berarti kamu hamil. Kalau hal ini terjadi dan kamu merasa belum siap, jangan panik dulu. Minta bantuan dokter atau konselor. Kamu perlu banyak dukungan dan bimbingan di masa-masa ini.
| More

0 komentar:

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45
:46 :47 :48 :49
:50 :51 :52 :53
:54 :55 :56 :57
:58 :59 :60 :61
:62 :63
:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar