Sebuah Periode Baru Dimulai

Selasa, 16 Februari 2010
Ketika cewe mencapai usia 11 atau 12 tahun, dimulai deh mens nya. Sebagian cewe bahkan mengalami menstruasi pertamanya lebih awal lagi, sekitar usia 9 atau 10 tahun. Kalau kamu sudah berusia 16 tahun dan masih belum mendapat menstruasi juga, kayaknya kamu harus konsultasi ke dokter deh.
Kalau kamu sudah mulai mens, tandanya tubuh kamu sudah mulai berubah jadi tubuh seorang wanita dewasa. Banyak banget perubahan yang bakal terjadi untuk menjadi perempuan dewasa! Tubuh kamu bakal berubah, dan pemikiranmu juga ikutan berubah. Kamu bakal jadi tambah sadar penampilan ketika payudara mulai membesar dan jerawat mulai bermunculan. Kamu juga mulai naksir cowok dan sering merasa pingin sendiri. Semua itu normal kok, karena semua itu adalah bagian dari menjadi dewasa.
Apa yang terjadi sebelum kamu dapat menstruasi pertamamu:
  • Kamu bakal merasa bengkak, kembung dan gampang kesal. Kamu juga bakal lebih banyak makan dan ngidam.
  • Kamu bakal merasakan sakit-sakit yang nggak jelas di daerah sekitar vagina atau bahkan di punggung bagian bawah atau kaki.
  • Kamu akan melihat perubahan pada cairan yang keluar dari vagina. Cairan yang lebih kental dan berwarna kecoklatan adalah tanda kamu bakal segera mendapatkan menstruasi.
Gimana caranya menyiapkan diri sebelum menstruasi?
  • Kamu mungkin bakal merasa agak takut atau sedih ketika hal ini terjadi. Buat cewe-cewe muda, melihat bercak darah di pakaian dalam untuk pertama kalinya ini bisa bikin ngeri juga. Jangan khawatir, wajar kok merasa seperti ini. Kalau kamu mendapatkan menstruasi pertamamu, segera bilang ke mama, tante atau kakak perempuanmu. Mereka pasti bisa memberimu pembalut wanita dan mengajarkanmu bagaimana cara menggunakannya.
  • Ibumu bisa membantumu berbelanja pembalut wanita yang tepat. Kamu bisa pilih pembalut yang lebih panjang atau lebih tebal supaya nggak gampang bocor.
  • Kalau kamu merasa sakit, minta obat penahan sakit ke mama. Tapi jangan lupa, selalu beritahu orang dewasa sebelum minum obat apapun. Jangan sekali-kali mencoba mengobati diri sendiri.
  • Menjaga kebersihan diri saat menstruasi tuh penting banget. Pakai sabun yang lembut dan tidak wangi atau gel khusus untuk bagian intim waktu membersihkan daerah ini.
  • Jangan lupa tetap jaga kesehatan. Banyak-banyak makan sayur dan buah-buahan. Berolahragalah setiap hari. Terlalu stress dan banyak diet bisa mempengaruhi siklus menstruasimu. Kadang cewek yang mengalami penurunan berat badan dalam waktu yang singkat atau yang overweight bisa mengalami sakit atau kram dan kemungkinan ngga teratur mensnya.
Berapa lama sih menstruasi itu?

Pada menstruasimu yang pertama kali, biasanya menstruasi lebih lama daripada rata-rata. Rata-rata lamanya menstruasi pada cewek adalah antara 3-8 hari. Pada dua tahun pertama, kamu mungkin nggak dapat menstruasi setiap bulan. Menstruasi kamu juga bisa berlangsung lebih lama atau lebih sebentar pada periode ini. Menstruasi akan menjadi lebih teratur seiring dengan bertambahnya usia dan seiring dengan adaptasi tubuhmu pada perubahan.
| More

0 komentar:

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45
:46 :47 :48 :49
:50 :51 :52 :53
:54 :55 :56 :57
:58 :59 :60 :61
:62 :63
:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar