Cintai Bumi Kita: Today Is Earth Day!

Jumat, 23 April 2010
Earth Day 

What a world that we live in? Mungkin seperti itu keluhan dari para pecinta lingkungan yang eksis di tengah kita. Dunia yang manusia diami yang diperkirakan sudah lebih dari ribuan tahun ini sudah semakin menua (jika tidak dibilang uzur), tetapi masih kokoh bertahan memberi penghidupan bagi setiap makhluk hidup yang mendiaminya.

Meskipun itu adalah karunia dari Tuhan juga, tetapi sudah sepantasnya dan sewajarnya jika kita juga berkontribusi untuk mempertahankan ‘kemudaan’ dari bumi ini. Tidak hanya demi kebaikan bagi generasi kita, tetapi juga sebagai warisan kita bagi generasi selanjutnya. Kan tidak mau kita dikutuk oleh keturunan kita karena generasi kita adalah generasi yang kotor dan tidak sadar lingkungan yang hanya menghibahkan karbondioksida ke paru-paru mereka?

Meskipun alam dan lingkungan adalah hal yang besar, tetapi sebenarnya hanya diperlukan hal-hal kecil untuk dilakukan dalam kehidupan sehari-hari kita. Wanna go green? Here’s some small tips:
earthday1 

1. Matikan lampu


Ketika kamu meninggalkan sebuah ruangan dan tidak ada lagi seseorang disitu, lebih baik matikan lampu yang menyala. Dan jika bisa, lebih baik buka saja tirai ruangan dan biarkan cahaya alam dari luar ruangan masuk. Menghemat listrik menolong mengurangi global warming.
742557931_125 
2. Bawa selalu tote bag
Sebelum kamu pergi melangkah untuk shopping, bawa selalu tote bag ke dalam tas kamu. Lalu, untuk setiap pembelian, serahkan pada si kasir biar ia tak usah menggunakan kantong plastik baru. Sekarang sudah banyak kok tote bags yang terlihat trendi untuk dibawa-bawa.
WJ6U8446 
3. Nikmatilah naik sepeda
Bersepeda itu gratis, menyenangkan, dan adalah cara terbaik untuk olahraga – dan tidak seperti menyetir, itu tidak memberikan bahaya sama sekali bagi lingkungan. Setiap kali kamu mau mengambil kunci mobil kamu, pikirkan untuk selalu berjalan kaki atau bersepeda. Tho, perjalanan juga akan menyenangkan sambil mendengarkan musik.
unplug 
4. Shut down & unplug
Ketika kamu selesai menggunakan komputer kamu setiap malam, matikanlah dan lepaskan kabelnya dari colokan sebelum kamu pergi tidur. Dan biasakanlah untuk melepas semua kabel listrik kamu ketika kamu tidak menggunakannya. Sebab peralatan-peralatan tersebut tetap menyerap energi listrik meskipun sedang tidak dinyalakan.
apple 
5. Kurangi makan daging
Selain berguna untuk menjaga kesehatan kamu sendiri, ternyata pengaruh bagi alam dari pengolahan daging adalah daging menyerap 5 kali air lebih banyak daripada sayuran dan melepaskan lebih banyak zat-zat kimia kotor ke dalam persediaan air.
Dan terakhir yang juga tidak kalah penting: tell your friends!
Jika kamu kedapatan melihat teman kamu membuang kaleng minuman alumunium ke tempat sampah atau meninggalkan ruangan dengan lampu menyala, katakan sesuatu. Jika kamu bisa mengubah kebiasaan seseorang untuk semakin lebih peduli lingkungan, kamu sebenarnya sedang melipatgandakan dampak dari yang bisa kamu lakukan sendiri.
So, let’s start being an impact for going green movement…!
| More

2 komentar:

johan syahputra mengatakan...

info yg simple dan bermanfaat..sayangnya di negara kita kampanye "go green atau save the earth" cuma aktif diserukan oleh LSM atau per-individu dan belum sepenuhnya didukung oleh pemerintah (bisa jadi kurang maksimal) hingga banyak yg kurang "ngeh", hal2 simple yg sebenarnya sangat bermanfaat ini..

thx 4 info...let's go green and save the earth !!

cincin mengatakan...

hehehehhehhe....
iya
padahal semua sudah kenak imbasnya tapi masih saja menyepelkan hal tersebut...:(

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45
:46 :47 :48 :49
:50 :51 :52 :53
:54 :55 :56 :57
:58 :59 :60 :61
:62 :63
:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar