Pusiiing!

Jumat, 12 Maret 2010

Ini dia, salah satu penyakit yang sering mampir di keseharian kita. Kepala nyut-nyutan, pusing nggak karuan… Bawaannya malah jadi pengin ngomel-ngomel, padahal itu bakal bikin kepala makin sakit. Tapi sebenarnya, pusing dan sakit kepala itu berbeda lho.
Pusing/ pening/ dizziness
Badan terasa ringan melayang, sempoyongan atau bergoyang-goyang, seperti kalau sedang mabuk laut. Pandangan juga jadi berkunang-kunang.Hmm, mungkin ada yang salah sama sistem peredaran darah kita, tuh. Misalnya, merasa pening saat lagi latihan paskibra atau olahraga di saat matahari persis di atas kepala dan bersinar dengan terik. Rasanya seperti ada asap yang keluar dari ubun-ubun kepala kita! Fiuhhh…. Rasa pusing ini bisa terjadi karena pembuluh darah di otak bereaksi terhadap cuaca panas. Atau bisa juga karena kita mengidap penyakit darah rendah.
Pencegahan: Hindari melakukan gerakan yang mendadak (misalnya, dari tiduran langsung berdiri. Atau langsung bangun setelah berjongkok cukup lama), karena hal ini akan menyebabkan tekanan darah di otak turun secara tiba-tiba akibat gravitasi bumi. Dan, pakailah topi untuk melindungi kepala dari sinar matahari yang menyengat. Jangan lupa juga untuk makan secara teratur dan minum air putih yang banyak, ya.
Sakit Kepala
Kepala berdenyut ditambah dengan “bonus” nyeri otot di bahu, leher dan kepala. Seringnya sih, gara-gara lagi banyak pikiran, alias stres. Hmm, pantas kita sering merasakan hal ini saat mau ujian, kan? Hehe… Saat tekanan jiwa meningkat sementara tenaga menurun (misalnya, kecapekan karena tugas yang belum kelar), akan timbul reaksi tegang pada otot-otot di kepala-leher-bahu dan pembuluh darah di kepala. Akibatnya langsung, deh terasa nyeri di bagian-bagian tersebut. Ada juga penyebab lainnya, misalnya karena sakit flu, sakit gigi atau karena mata lelah akibat terlalu sering berada di depan komputer dan memakai kacamata.
Pengobatan: Sakit kepala ringan bisa sembuh dengan cara minum obat parasetamol dan istirahat secukupnya. Bisa juga kita mencontek cara menyembuhkan sakit kepala dari orang Yunani, yaitu dengan minum teh beraroma peppermint atau chamomile. (Liel)
Brrr... dingin!
Pernah merasakan sakit kepala sesaat setelah makan es krim, frozen yoghurt, atau cold dessert lainnya? Memang bisa begitu, kok! Hal ini disebabkan karena pembuluh darah kita mengalami kejang akibat temperatur dingin dari es krim. Nah, hal ini membuat pembuluh darah membengkak karena peredarannya nggak lancar. Tapi, semuanya tergantung kondisi tubuh masing-masing, kok. Untung menghindari sakit kepala ini, disarankan untuk memakan (atau minum) minuman dingin ini secara perlahan. So, enjoy your dessert!


| More

0 komentar:

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45
:46 :47 :48 :49
:50 :51 :52 :53
:54 :55 :56 :57
:58 :59 :60 :61
:62 :63
:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar