Tips Optimis Hadapi Krisis Pekerjaan

Sabtu, 15 Mei 2010


Krisis ekonomi melanda belahan dunia mana pun. Gelombang PHK terjadi di mana-mana, menimpa perusahaan besar dan menghapus perusahaan kecil. Jika Anda termasuk salah satu dari korban PHK, jangan berkecil hati. Masih banyak perusahaan yang memerlukan tenaga dan kemampuan Anda. Hal ini juga berlaku untuk Anda yang sedang membutuhkan pekerjaan baru.

Tentu saja merupakan hal yang menggembirakan jika kita mendapat pekerjaan yang sesuai dengan bidang kita, namun kadang kala hidup tidak memberi pilihan tentang itu.

Kadang kita pun harus terjun dalam dunia baru yang sama sekali tidak kita kenal, namun hal tersebut tidak bahwa berarti kita tak dapat melakukannya dengan baik bukan?!

Selama ada kemauan untuk belajar, maka ada kesempatan untuk mengembangkan diri, bahkan di bidang yang baru sekalipun.

Namun jangan lupa satu hal bahwa seiring dengan berkembangnya zaman, maka kemampuan seseorang dalam bekerja pun harus terus up to date. Berikut ada beberapa tips untuk atasi krisis kerja dengan baik.Hal pertama yang perlu kita ketahui tentang mencari pekerjaan adalah bahwa itu adalah tanggung jawab diri sendiri secara pribadi. Jangan menunggu hingga orang lain datang dan 'menyelamatkan' diri kita dari pengangguran. Kitalah yang harus aktif memburu pekerjaan itu.

Milikilah kemauan dan tekad untuk bekerja keras. Bekerja keras butuh banyak waktu dan banyak hal yang dikorbankan. Katakanlah Anda memutuskan untuk buka toko, jika Anda ingin sukses maka bukalah toko dari pagi hingga sore, bukan dari siang hingga tengah hari.

Ambillah waktu untuk menyelidiki hal-hal apa yang sedang laku di pasaran saat ini, atau profesi apa yang sedang bersinar dan paling dibutuhkan akhir-akhir ini, tentunya yang tak jauh dari kemampuan Anda.

Meski profesi tersebut sangat berbeda dengan latar belakang pendidikan Anda, namun bukan berarti Anda tak bisa belajar dan menggelutinya bukan?! Misal saja seorang guru bisa alih profesi menjadi jurnalis atau tukang pijat profesional, karena ia memiliki bakat menulis dan memijat. Bacalah banyak buku. Tontonlah tayangan TV yang bermutu. Bergaullah dengan orang-orang pandai. Lakukan segala hal yang bisa membuat pengetahuan Anda bertambah. Perkaya pengetahuan Anda dengan hal-hal baru tentang dunia Anda, dan juga yang ada di luar bidang Anda.

Jangan pernah malu untuk bertanya tentang sesuatu yang belum Anda ketahui, karena pertanyaan itu akan menguntungkan diri Anda sendiri.

Dengan sikap keterbukaan macam ini, maka kita pun bisa melalui krisis pekerjaan yang terjadi dengan kepala tegak dan senyum yang mengembang. Raihlah dunia baru dengan pekerjaan yang baru. Semangat!
| More

0 komentar:

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45
:46 :47 :48 :49
:50 :51 :52 :53
:54 :55 :56 :57
:58 :59 :60 :61
:62 :63
:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar